Sabtu, 15 Agustus 2009

Pentingnya Sarapan Pagi

Mengonsumsi sarapan tak jarang menjadi rutinitas yang terlupakan di tengah kesibukan menyiapkan aktivitas di pagi hari. Padahal sarapan akan memberi Anda kesempatan berkonsentrasi maksimal hingga waktu makan siang tiba.


Sarapan sehat sebaiknya mengikuti pola makan seimbang yakni komposisi karbohidrat 60-68 persen, protein 12-15 persen, lemak 20-25 persen, dan serat 10-15 gram. Selain itu, porsi sarapan juga minimal mencapai 20 hingga 25 persen dari total jatah kalori selama satu hari.

Sarapan rendah lemak yang sehat akan membuat kenyang hingga waktu makan siang. Sarapan yang baik akan membantu menjaga kestabilan kadar gula darah, sehingga Anda terhindar dari keinginan untuk makan sebatang cokelat atau ngemil donat saat rehat minum kopi sebelum makan siang.

Studi menunjukkan makanan tinggi protein dan tinggi karbohidrat bisa membantu memuaskan selera makan, serta bermanfaat meningkatkan asupan vitamin dan mineral bagi tubuh anda.

Berikut beberapa tips singkat memilih dan menyiapkan sarapan untuk Anda dan keluarga:

Siapkan menu sarapan sehat & bergizi seimbang. Anda bisa memilih nasi lengkap dengan lauk pauk dan sayur atau sereal dengan susu rendah lemak dilengkapi dengan buah-buahan.Sarapan tidak harus nasi. Sereal, roti, kentang, dan mie bisa menjadi alternatif.Pilih menu sarapan yang praktis dan bervariasi dari berbagai jenis bahan makanan.Susu atau hasil olahannya seperti yogurt sangat dianjurkan. Bisa dilengkapi dengan buah segar atau yang diblender. Pilihan jus jeruk atau jus wortel bisa jadi pilihan.
Minum air putih cukup, minimal dua gelas.Untuk anak-anak, sajikan menu yang menarik sekaligus ajak mereka menyiapkan dan menghias sarapan. (ri)(5 Januari 2009)

Sumber :
http://www.republika.co.id/berita/24353/Pentingnya_Sarapan_Pagi
16 Agustus 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar